MATERI KULIAH


(1) SILABUS

1. Identitas Mata Kuliah
Nama mata kuliah : Manajemen Keuangan Pendidikan
Jumlah SKS : 3 SKS
Semester : 1
Kelompok mata kuliah : Mata Kuliah Keahlian Utama (MKKU)
Program Studi/Program : Manajemen Pendidikan/S-2 UNIGAL
Status mata kuliah : Wajib
Prasyarat : –
Dosen : Udin S. Sa’ud, Prof, Ph.D

2. Tujuan
Mata kuliah ini bertujuan untuk mempersiapkan dan melengkapi mahasiswa dengan wawasan dan kemampuan berpikir lateral dan sistemik dalam menganalisis konsep dasar dan peraturan manajemen pembiayaan pendidikan dan operasionalisasinya dalam sistem pendidikan di persekolahan.
Tujuan khusus perkuliahan ini adalah agar mahasiswa:
a. Memiliki pengetahuan tentang konsep dasar, tujuan, dan fungsi manajemen keuangan pendidikan dalam kerangka peningkatan mutu pendidikan sekolah.
b. Memiliki pengetahuan tentang prosedur dan mekanisme implementasi perencanaan keuangan pendidikan pada tingkat sekolah dalam upaya peningkatan mutu, relevansi dan daya saing lulusan sekolah.
c. Memiliki pengalaman empirik dalam menemukenali masalah-masalah esensial dalam implementasi manajemen keuangann pendidikan di tingkat sekolah, disertai kajian terhadap faktor pendukung dan penghambatnya.
d. Memiliki kemampuan untuk melakukan diagnosis faktor-faktor penyebab terjadinya permasalahan dalam implementasi manajemen keuangan pendidikan pada tingkat sekolah.
e. Memiliki sikap dan ketrampilan untuk melakukan komunikasi profesional di antara para pakar, administrator dan pendidik, dalam upaya mengembangkan gagasan/ide pemecahan masalah dalam manajemen keuangan pendidikan pada tingkat sekolah.

3. Deskripsi Isi
Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan beberapa konsep esensial manajemen keuangan pendidikan pada tingkat persekolahan yang mencakup: konsep dasar, tujuan dan fungsi manajemen keuangan pendidikan, strategi penyusunan anggaran keuangan pendidikan tingkat sekolah, sistem akuntasi keuangan sekolah, problema dalam implementasi manajemen keuangan sekolah dalam kaitannya dengan peningkatan mutu pendidikan di sekolah. Hal ini diperlukan untuk mendasari perkembangan pola pikir, ide, wawasan, sikap dan prilaku mahasiswa agar mampu menerapkan pola pikir tersebut melalui paradigma-paradigma yang dapat difungsikan dan dapat dioperasionalkan dalam langkah analisis yang logis, argumentatif, dan open minded serta ketepatan menentukan keputusan sesuai parameter keilmuan.

4. Pendekatan Pembelajaran
Ekspositori dan inkuiri
– Metode : presentasi, diskusi, tanya jawab, dan pemecahan masalah
– Tugas : penyusunan dan penyajian makalah serta diskusi
– Media : OHP, LCD/power point

5. Evaluasi
– Kehadiran
– Makalah Presentasi
– Presentasi dan partisipasi dalam diskusi
– UTS
– UAS

6. Rincian Materi Perkuliahan Tiap Pertemuan

Pertemuan 1 Orientasi Perkuliahan/Silabus
Pertemuan 2 Konsep dasar, fungsi dan tujuan manajemen keuangan pendidikan
Pertemuan 3 Ketentuan dan peraturan keuangan pendidikan di tingkat sekolah
Pertemuan 4 Sistem dan strategi penyusunan anggaran pembiayaan pendidikan di sekolah
Pertemuan 5 Sitem Akuntasi keuangan sekolah
Pertemuan 6 Sistem pelaporan dan pertanggunjawaban keuangan sekolah
Pertemuan 7 UTS
Pertemuan 8 Partisipasi Masyarakat dalam pembiayaan pendidikan di sekolah
Pertemuan 9 Manajemen pembiayaan pendidikan tingkat makro (APBN/APBD)
Pertemuan 10 Problema pembiayaan pendidikan di sekolah
Pertemuan 11 Refleksi
Pertemuan 12 UAS

7. Sumber Belajar

Departemen Pendidikan Nasional (2006). Rencana Stratejik Pendidikan Nasional 2006-2010. Jakarta : Balitbang, Depdiknas.

Nanang Fattah (2000), Ekonomi dan Pembiayaan Pendidikan. Bandung: PT Rosda Karya.

Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2008 tentang Pendanaan Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional tentang Bantuan Biaya Operasional Sekolah.

Peraturan Pemerintah Nomor 8 tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah

Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Undang-Undang Nomor 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara.

Undang-Undang Nomor 1 tahun 2004 entang Perbendaharaan Negara.

Undang-Undang Nomor 15 tahun 2004 tentang Pemeriksaan Pengelolaan dan Tanggungjawab Keuangan Negara.

Udin Saud. dan Abin S Makmun (2005). Perencanaan Pendidikan: Suatu Pendekatan Komprehensif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Dosen dapat dihubungi melalui:
1. E-mail : usaud@upi.edu
2. No. HP : 08156109654
3. Kantor : – Prodi Administrasi Pendidikan SPS UPI
– Prodi Pendidikan Dasar SPS UPI

Bandung, Oktober 2009
Dosen

Udin S. Sa’ud, Ph.D

2. MATERI SEMINAR BIMBINGAN DAN KONSELING

Download

  1. Mahmud rochmat
    28 Desember 2009 pukul 21:46

    Terima kasih atas informasi materi kuliahnya, semoga ini menjadi ilmu yang sangat bermanfaat bagi saya.

  2. You have got
    12 Februari 2012 pukul 01:00

    Its such as you read my mind! You appear to grasp thus a lot of regarding this, such as you wrote the book in it or something. I assume that you may do with some pics to drive the message home a little bit, but alternative than that, this can be great blog. A great read.

  3. 14 Juli 2012 pukul 00:53

    Good post. I learn something new and challenging on websites I stumbleupon on
    a daily basis. It’s always exciting to read articles from other authors and practice a little something from their sites.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: