Beranda > info katresna72, Pendidikan, Umum > SK/KD, Nilai, dan Indikator Pendidikan Karakter SMP

SK/KD, Nilai, dan Indikator Pendidikan Karakter SMP


Mata

Pelajaran

Standar

Kompetensi

Kompetensi

Dasar

Nilai Indikator
VII – IX
Pendidikan Kewarganegaraan

(PKn)
Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Mendeskripsikan hakekat norma-norma,kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang berlaku dalam masyarakat. Semangat kebangsaan

Mengumpulkan beberapa gambar  dan pakaian adat di Indonesi dan memabahasnya dalam tugas Pekerjaan Rumah
Rasa ingin tahu Mengikuti lomba cerdas cermat tentang adat istiadat  di sekolah
Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warganegara Rasa ingin tahu Mewakili sekolah dalam  lomba cerdas cermat tentng hukum di luar sekolah
Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat  dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara Kreatif

Menarikan salah satu tarian daerah dalam peringatan 17 Agustus di Sekolah

 

  Menerapkan norma-norma, kebiasaan, adat istiadat  dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat  berbangsa dan bernegara Bersahabat

Menerima dan mau bergaul dengan teman yang berbeda agama
Mendeskripsikan makna Proklamasi Kemerdekaan dan konstitusi pertama Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan

Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama

Cinta tanah air

Turut aktif didalam memperingati detik-detik proklamasi di sekolah

 

Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan

Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama

 

Menganalisis hubungan antara proklamasi kemerdekaan dan UUD 1945 Rasa ingin tahu Mencari berbagai sumber di luar buku pelajaran tentang Pancasila dan UUD 1945
Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama. Kreatif Memprakarsai kegiatan untuk memahami makna proklamasi bagi para pemimpin bangsa yang melahirkan UUD 1945
Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) Menguraikan hakikat, hukum , dan kelembagaan HAM

 

Peduli sosial

Membantu kegiatan lembaga HAM dalam kampanye tentang HAM kepada masyarakat

 

Menampilkan sikap positif terhadap perlindungan dan penegakan Hak Azasi Manusia (HAM) Mendeskripsikan kasus pelanggaran dan pupaya perlindungan HAM

 

Rasa ingin tahu

Mewawancarai Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam kaitannya dengan penegakan HAM

 

Ilmu Pengatahuan Alam (IPA) Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Melaksanakan pengamatan objek  secara terencana dan sistematis untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan abiotik

 

Ingin tahu Mengajukan pertanyaan untuk memperoleh penjelasan tentang gejala alam biotik dan abiotik
Kerja keras Memilah  data hasil pengamatan yang relevan dan tidak relevan  secara teliti untuk memperoleh informasi gejala alam biotik dan a-biotik
Jujur Melaporkan hasil pengamatan sesuai data / fakta yang diperoleh
Disiplin Format dan teknik pelaporan mengikuti kaidah dan aturan yang telah ditetapkan dalam tugas
Demokratis Menerima adanya perbedaan pendapat tentang hasil pengamatan
Memahami gejala-gejala alam melalui pengamatan Menggunakan mikroskop dan peralatan  pendukung lainnya untuk mengamati gejala-gejala kehidupan

 

Mandiri Dapat menggunakan mikroskop serta peralatan pendukungnya tanpa lagi dibantu guru
Menghargai prestasi Menunjukkan pengakuan /apresiasi  terhadap  mutu hasil kerja teman
Bekerja keras Mencoba berbagai upaya untuk memperoleh jawban terhadap pertanyaan yang diajukan
Menerapkan keselamatan kerja dalam melakukan pengamatan gejala-gejala alam Disiplin Menggunakan  mikroskop  dan peralatan lainnya secara hati-hati sesuai prosedur

 

Memahami prosedur ilmiah untuk mempelajari benda-benda alam dengan menggunakan peralatan Mendeskripsikan besaran pokok dan besaran turunan beserta satuannya

 

Senang membaca

Mendapatkan informasi melalui kegiatan membaca tentang besaran pokok dan besaran turunan

 

Rasa ingin tahu

  1. Mengajukan pertanyaan untuk mengetahui besaran pokok dan besaran turunan
  2. Melakukan pengamatan untuk mengetahui besaran pokok dan besaran turunan
Semangat kebangsaan Bangga akan satuan tradisional
Jujur

Menyimpulkan hasil pengamatan tentang besaran pokok dan besaran turunan dengan benar (jujur)
Berani Mau menjelaskan besaran pokok dan besaran satuan beserta satuannya
  Mendeskripsikan pengertian suhu dan pengukuran nya Berani Berani menjelaskan secara benar dengan bahasa sendiri.

 

Kreatif

Keatif menyusun kalimat yang benar dan dapat dimengerti.

 

Jujur

Mengkomunikasikan hal yang dipahami dengan benar (jujur) baik secara lisan maupun tulisan
Peduli lingkungan

Memperhatikan keselamatan jiwa dan keselamatan alat (seafty) dalam menyusun prosedur.

 

Disiplin

Menggunakan syarat-syarat khusus dalam mengukur suhu (taat azaz).

 

Ilmu Pengetahuan Sosial  (IPS) Memahami masalah penyimpangan sosial.

 

Mengidenti-fikasi berbagai usaha pencegahan penyimpangan sosial dalam keluarga dan masyarakat Ktitis Menunjukan kesadaran akan dampak negatif dari penyakit sosial (miras, narkoba, judi, seks bebas, PSK dll) akibat penyimpangan sosial di keluarga dan masyarakat
Disiplin Menunjukan kewaspadaan  dan  menjauhi perilaku  yang cenderung mengarah ke bentuk patologi sosial yang ada di lingkungan sekitar
Peduli sosial Menunjukan sikap menghindari  perilaku yang  mengandung penyakit sosial dan merugikan diri sendiri dan meresahkan masyarakat.

 

Rasa ingin tahu Mencari informasi tentang  upaya – upaya menangulangi dan mencegah penyakit sosial yang diakibatkan oleh perilaku menyimpang dari berbagai sumber.

 

Memahami kegiatan pelaku ekonomi di masyarakat

 

Mengidentifikasi bentuk pasar dalam kegiatan ekonomi  masyarakat Rasa ingin tahu Menemukan contoh dalam kehidupan sehari – hari baik di lingkungan rumah maupun di masyarakat adanya  hubungan antara kelangkaan sumber daya dengan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
Kreatif Menunjukan  melalui sikap membiasakan diri dalam kehidupan sehari – hari membuat skala prioritas kebutuhan  untuk mengatasi keterbatasan kemampuan memenuhinya.
Jujur Menceritakan  pengalaman  tentang  perbedaan yang dirasakan belanja di pasar moderen  dengan pasar tradisional sesuai dengan kenyataan
Memahami usaha persiapan kemerdekaan Mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sekitar proklamasi dan proses terbentuknya negara kesatuan Republik Indonesia Senang membaca Mencari informasi dari sumber bacaan lain  tentang

peranan BPUPKI dan PPKI dalam penyusunan  persiapan  kemerdekaan dan merumuskan kelengkapan sebuah negara yang merdeka .

Semangat kebangsaan Menunjukan sikap penghargaan atas kerja keras dan kerjasama dalam menyelesaikan berbagai pebedaan dan mencapai kesepakatan  baik dalam sidang BPUPKI maupun PPKI  demi Indonesia merdeka
Menunjukan sikap meneladani sikap tokoh – tokoh BPUPKI dan PPKI demi keutuhan  semangat dan kebersamaan mempersiapkan kemerdekaaan  Indonesia.

 

Empati Menunjukan dengan  pernyataan  ikut merasakan gejolak semangat bangsa Indonesia  ketika mendengar kekalahan Jepang dari Sekutu

 

Menghargai prestasi Menunjukan sikap menghormati perbedaan  pemikiran kaum muda dan kaum tua  menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia sebagai bagian dinamika sejarah perjuangan bangsa.
Memahami Kegiatan perekonomian Indonesia

 

Mendeskripsikan permasalahan angkatan kerja dan tenaga kerja sebagai sumber daya dalam kegiatan  ekonomi, serta peranan pemerintah dalam upaya penainggulangannya

 

Senang membaca Mencari informasi melalui sumber bacaan lain  tentang masalah ketidak setimbangan antara jumlah angkatan kerja  dengan kesempatan kerja

 

Rasa ingin tahu Melakukan pengamatan di lingkungan setempat terhadap rendahnya kualitas ketrampilan tenaga kerja  yang  menjadi beban  pemerindah daerah

 

Mandiri Belajar dengan sungguh – sungguh  dan memiliki ketrampilan yang  memadai agar kelak tidak menjadi  beban keluarga, masyarakat dan  negara.

 

 

  1. nartochun3@gmail.com
    11 Januari 2011 pukul 09:40

    TRIMAKASIH BERITANYA AND PLEASE INFO YANG LAIN

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: