Beranda > info katresna72, Pendidikan, Umum > Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa

Nilai dan Deskripsi Nilai Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa


NILAI DESKRIPSI
1. Religius Sikap dan perilaku yang patuh dalam melaksanakan ajaran agama  yang dianutnya, toleran terhadap pelaksanaan ibadah agama lain, dan hidup rukun dengan pemeluk agama lain.
2. Jujur Perilaku yang didasarkan pada upaya menjadikan dirinya sebagai orang yang selalu dapat dipercaya dalam perkataan, tindakan, dan pekerjaan.
3. Toleransi Sikap dan  tindakan yang menghargai perbedaan agama, suku, etnis, pendapat, sikap, dan tindakan orang lain yang berbeda dari dirinya.
4. Disiplin Tindakan yang menunjukkan perilaku tertib dan patuh pada berbagai ketentuan dan peraturan.
5. Kerja Keras Perilaku yang menunjukkan upaya sungguh-sungguh dalam mengatasi berbagai hambatan belajar dan tugas, serta menyelesaikan tugas dengan sebaik-baiknya.
6. Kreatif Berpikir dan melakukan sesuatu untuk menghasilkan cara atau hasil baru dari  sesuatu yang telah dimiliki.
7. Mandiri Sikap dan perilaku yang tidak mudah tergantung pada orang lain dalam menyelesaikan tugas-tugas.
8. Demokratis Cara berfikir, bersikap, dan bertindak yang menilai sama  hak dan kewajiban dirinya dan orang lain.
9. Rasa Ingin Tahu Sikap dan tindakan yang selalu berupaya untuk mengetahui lebih mendalam dan meluas dari sesuatu yang dipelajarinya, dilihat, dan didengar.
10. Semangat Kebangsaan Cara berpikir, bertindak, dan berwawasan yang menempatkan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan diri dan kelompoknya.
11. Cinta Tanah Air Cara berfikir, bersikap, dan berbuat yang menunjukkan kesetiaan, kepedulian, dan penghargaan  yang tinggi terhadap bahasa,  lingkungan fisik, sosial, budaya, ekonomi, dan politik bangsa.
12. Menghargai Prestasi Sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, serta menghormati keberhasilan orang lain.
13. Bersahabat/

Komuniktif

Tindakan yang memperlihatkan rasa senang berbicara, bergaul, dan bekerja sama dengan orang lain.
14. Cinta Damai Sikap, perkataan, dan tindakan yang menyebabkan orang lain merasa senang dan aman atas kehadiran dirinya.
15.  Gemar Membaca Kebiasaan menyediakan waktu untuk membaca berbagai bacaan yang memberikan kebajikan bagi dirinya.
16. Peduli Lingkungan Sikap dan tindakan yang selalu berupaya mencegah kerusakan pada lingkungan alam di sekitarnya, dan mengembangkan upaya-upaya untuk memperbaiki kerusakan alam yang sudah terjadi.
17. Peduli Sosial Sikap dan tindakan yang selalu ingin memberi bantuan pada orang lain dan masyarakat yang membutuhkan.
18. Tanggung-jawab Sikap dan perilaku seseorang untuk melaksanakan tugas dan kewajibannya, yang seharusnya dia lakukan, terhadap diri sendiri, masyarakat, lingkungan (alam, sosial dan budaya), negara dan Tuhan Yang Maha Esa.
  1. rusliharby
    23 Mei 2011 pukul 11:39

    Ikut nimbrung ya, menurut saya delapan belas nilai budaya karakter bangsa di atas sangat baik sekali untuk dilakukan, agar NKRI tetap langgeng, sumber komplik, kekerasan dapat di atasi, serta nama harum bangsa tetap terjaga, namun saya ingin bertanya, siapa yang akan melakukan hal tersebut di atas, kapan dilaksanakan, dimana tempat pelaksanaan dan bagaimana cara melakukannya. Pertanyaa ini mudah untuk dijawab tapi sulit untuk diaplikasikan, apalagi saat ini semua orang sibuk buat urusan dirinya masing-masing, dengan mengikuti pengembangan diri keluar negeri,seminar, workshop dan lain-lain.yang jelas tidak ada yang tidak sibuk, kalaupun ada diantar mereka tidak sibuk, dibuat-buat seperti orang sibuk. Memang kita tahu, setiap orang disuruh belajar nilai budaya karakter bangsa, tapi siapa guru dan panutan dalam penanaman nilai tersebut, hal ini tidak jelas, yang jelas guru dan panutan untuk penanaman budaya dan karakter bangsa sudah langkah. namun, jika guru dan panutan tidak jelas, apakah generasi mudah paham nilai budaya dan karakter bangsa, seandainya mereka paham, apakah mereka mau melakukannya, seandainya mereka melakukannya, apakah cukup memuaskan dan menggembirakan seandainya mereka melakukan cukup memuaskan dan menggembirakan, apakah mereka melakukan nilai budaya karakter bangsa dengan penuh rasa ikhlas dan tanggung jawab. Permasalahan budaya dan karakter bangsa jangan dianggap remeh,jika budaya dan karakter bangsa ini rusak, ia akan dapat meruntuhkan sendi-sendi kesatuan dan persatuan bangsa, harkat dan martabat bangsa, tata krama dan kesopanan suatu bangsa, keluhuran dan kepetriotisme anak bangsa dan lain-lain. Wahai para pejabat negara dan pemerintah, jangan sibut mengurus diri dan keluargamu sendiri, tapi sibukkanlah dirimu untuk mengurus bansa dan negaramu sendiri. jangan biarkan negara dan bangasa ini diurus oleh orang asing atau terorisme, jika hal ini terjadi, maka bangsa ini menjadi bersatu-satu, bukan bersatu padu lagi, artinya kehancuran suatu bangsa sudah diambang pintu.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: