Beranda > info katresna72, Umum > PERMAINAN DAN LATIHAN DINAMIKA KELOMPOK (Proses Pengembangan Diri – Part 2)

PERMAINAN DAN LATIHAN DINAMIKA KELOMPOK (Proses Pengembangan Diri – Part 2)


Menanggapi banyaknya komentar dan masukan dari para pembaca yang budiman, tentang postingan saya mengenai Permainan dan Latihan Dinamika Kelompok untuk Proses Pengembangan Diri untuk menampilkan jenis permainan lain, Insya Alloh saya penuhi. Namun sebelumnya saya mohon ma’af karena kesibukan, baru saat ini sempat memenuhi permintaan tersebut.

Untuk postingan kali ini, saya masih akan melanjutkan tentang metode atau teknik yang digunakan untuk PERKENALAN bagi anggota sebuah kelompok baru yang belum saling mengenal.

1. MENGGUNAKAN PERMAINAN MAJALAH DINDING

Tujuan

Mengenal peserta dalam kelompok-kelompok baru, dan pesertanya belum saling mengenal. Kalau peserta kelompok memperkenalkan diri hanya dengan cara menyebutkan nama, maka peserta lainnya sering mengalami kesulitan untuk menghapalnya. Menulis nama-nama tersebut di sebuah “majalah dinding” merupakan salah satu cara untuk mempermudah proses penghapalan dan perkenalan, apalagi kalau ditambah dengan gambaran orang yang memiliki nama itu. Setelah permainan ini selesai, dapat dilanjutkan dengan salah satu permainan lain yang memberi kesempatan bagi para peserta untuk saling mengenal dengan lebih baik dan lebih mendalam.

Peserta

Semua umur, besar kelompok bebas/terserah.

Waktu

10 Menit

Bahan

Kertas yang besar (misalnya kertas bungkus/karton) dan beberapa krayon atau spidol besar.

Petunjuk

“Saya ingin agar setiap peserta memperkenalkan diri dengan cara sebagai berikut : Ambilah sebuah krayon atau spidol, tulislah nama masing-masing dikertas yang disediakan dan tambahlah gambar diri sendiri. Mohon supaya ditulis juga nama panggilan sehingga dapat dibaca oleh peserta lainnya. Kalau kalian sudah selesai, lihatlah dulu apa yang ditulis dan digambar oleh teman-teman yang lain. Sekarang carilah satu partner dan bicaralah apa yang kalian amati dan rasakan waktu perkenalan tadi”.

Evaluasi dan Refleksi

1. Bagaimana perasaan saya waktu permainan tadi?

2. Bagaimana kesan saya terhadap kelompok ini dan peserta-peserta lainnya?

3. Apakah saya sekarang sudah dapat mencocokkan nama-nama dan gambaran-gambaran yang bada di kertas dengan orang-orang yang ada di sini?

2. MENGGUNAKAN KARTU POS BERGAMBAR

Tujuan

Memperkenalkan diri masing-masing peserta melalui gambar.

Peserta

Semua umur, terutama untuk peserta yang datang dari daerah yang berbeda.

Waktu

20 menit untuk menggambar dan 60-70 menit untuk bertanya jawab tentang gambar-gambar yang dibuat masing-masing peserta.

Petunjuk

“Sekarang saya minta kalian, masing-masing menggambar sebuah kartu pos. Gambar kalian tidak harus bagus, yang penting kita dapat mengetahui sesuatu tentang orang yang menggambarkannya, misalnya tentang tempat tinggalnya, pekerjaannya atau orang-orang di sekitarnya. kalian boleh menggunakan sketsa-sketsa, kata-kata dan lukisan. satu kartu pos bergambar mungkin terdiri dari satu gambar atau beberapa gambar kecil. Sekarang mulailah menggambar”.

Sesudah selesai, semua kartu pos ditumpuk dan dicampur menjadi satu, masing-masing peserta menarik satu kartu pos lalu dia harus menebak gambar itu kepunyaan siapa dan menceritakan apa yang dilihatnya dalam kartu pos tersebut pada kelompok. pembuat kartu pos menambahkan keterangan mengenai kartu pos buatannya itu. Para peserta lain diharapkan mengajukan pertanyaan mengenai gambar tersebut.

Pembimbing kelompok melalui pertanyaan-pertanyaan intensif merangsang tiap peserta untuk bercerita mengenai dirinya sendiri.

Evaluasi dan Refleksi

1. Apa yang saya ketahui tentang para peserta lain sekarang?

2. Apa yang masih ingin saya ketahui lagi?

3. Mengapa saya telah memilih topik itu untuk kartu pos saya? Mengapa bukan topik yang lain?

Sumber : Hildegard Wenzler, Psikologi GESTALT & HUMANISTIC PSYCHOLOGY.

  1. 28 Juni 2013 pukul 20:58

    BAGUS SEKALI MAS…MATERINYA UNTUK BERBAGI….TAMBAHKAN YG LAIN
    JAZAKALLAH BIL KHOIR

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: