Beranda > Umum > PENYAKIT BARU TANAMAN POHON JENGJEN (ALBASIAH)

PENYAKIT BARU TANAMAN POHON JENGJEN (ALBASIAH)


alba-2 Pada hari Minggu Tanggal 4 Oktober 2009 di sela-sela rutinitas sehari-sehari saya menyempatkan diri untuk refreshing ke kebun, maklum cuma Hari Minggu hari yang ideal untuk membebaskan kepenatan yang setiap hari menggelayuti pikiran. Singkat cerita sesampaikanya di kebun saya melihat-lihat tanaman Albasiah (Sunda : Jengjen) yang tahun lalu ditanam. Ternyata dari jumlah 350 pohon yang ditanam hampir 75% disetiap cabangnya ada benjolan-benjolan (tinggarenduk) yang menggerogoti cabang tempat dimana benjolan-benjolan itu berada. Anehnya daun yang tangkai atau cabangnya ada benjolan tersebut apabila benjolannya masih sedikit tidak langsung mengurangi kesuburan hijau daunnya, tetap hijau dan lebat namun lama-kelamaan semua cabang yang sudah dipenuhi oleh benjolan tersebut mati daunnya berguguran.

alba-1Mengikapi fenomena di atas, mudah-mudahan pihak-pihak terkait dalam hal ini Dinas Kehutanan, Pertanian dan perkebunan dapat memberikan solusi kepada saya dan seluruh petani yang sedang berusaha untuk membudidayakan tanaman jengjen (albasiah) sehingga dapat meningkatkan produktivitas petani yang nantinya equivalen dengan peningkatan taraf perekonomian para petani. Bagi pembaca yang sudah mengetahui obat pembasmi hama/penyakit tanaman jengjen (albasiah) seperti di atas, kami mohon dapat memberikan infonya. Terima kasih.

  1. zaelani
    25 Oktober 2009 pukul 10:27

    Teman teman saya minta informasi tentang tanaman albasiah ya
    thank’s

    • muhadi
      12 November 2009 pukul 11:59

      kang saya juga mengalami kendala seperti yang akang alami saat ini, tapi kang sudah dapat solusinya belum kang? kalau udah saya minta dikasih tahun kang? terimakasih. muh.

  2. muhadi
    11 November 2009 pukul 10:29

    Teman teman saya minta informasi tentang obat pembasmi ulat pemakan batang albasiah, kalau ada obat yang bisa disuntikkan pada pohon/pada batangnya tolong segera dibalas ke muhadi hp 081 312 7465 27

  3. muksi
    17 Maret 2010 pukul 21:24

    Kasus seperti ini sama seperti yang kami alami sekarang, pada pohon albasiah yang kami tanam ada benjolan2 (seperti tumor) dan lama kelamaan pohon albasiah akan mati. tolong kepada rekan2 yang sudah mengetahui obatnya kasih tahu saya. terimakasih banyak

  4. arya
    23 April 2010 pukul 22:04

    saya pendatang baru d bidang jenjen,apakah saudara pernah menggunakan hcl untuk pembasmi benjolan?

    • 23 April 2010 pukul 23:49

      oh … hcl? terima kasih infonya.

  5. muhadi
    5 Juli 2010 pukul 11:27

    Saudara/Saudari yang berprofesi seperti saya, kina saya sedang mengalami kegelisahan tentang tanaman albasiah saya sedang terserang uter-uter atau ulat pemakan pada batang albasiah. Tolong bagi saudara/saudari yang mengetahui solusinya dan cara penggunaan untuk menghilangkan/membunuh penyakit uter-uter/ulat tersebut, mohon jawaban secepatnya saya tunggu.

  6. muhadi
    5 Juli 2010 pukul 11:50

    Ralat ada kalimat yang salah di tulisanku yang pertama: Saudara/Saudari yang berprofesi seperti saya, kini saya sedang mengalami kegelisahan tentang tanaman albasiah yang terserang uter-uter atau ulat pemakan pada batang albasiah. Tolong bagi saudara/saudari yang mengetahui solusinya dan cara penggunaan untuk menghilangkan/membunuh penyakit uter-uter/ulat tersebut, mohon informasi secepatnya saya tunggu.makasih?

    • ajah gawox
      4 Maret 2012 pukul 16:34

      saya pernah yang bapak alami dan saya mencoba pake portas racun ikan dan banyak di jual di pasaran dan hasil nya cukup mengobati kekawatiran hama pada pohon albasiah trb.caranya 10 centi dari tanah,pohon di kupas sedikit bentuk angka 7 kulitnya pake pisau kater dan lulu masukan portas yg sudah jadi serbuk ke dalam kulit pohon secukupnya.lalu tutup kulit pohan tadi dengan solisi semoga membantu dan bermanfaat selamat mencoba

  7. sutiyo
    18 Juli 2010 pukul 12:53

    kang kalau jual kayu alba kemana trimakasih

    • 21 Juli 2010 pukul 22:57

      he…he…si abang ini ada-ada saja, jual dong ke bandarnya banyak sekaliiii berkeliaran tuh…masa dijual ke pabrik tahu he…he….peace ah!!!

  8. dewa
    18 Juli 2010 pukul 21:08

    Langkah yang paling efektif adalah pemangkasan cabang atau batang yang terinfeksi, kemudian dibakar/dikubur. bila tumbuh di cabang maka jadi acara pemangkasan, bil;a tumbuh di batang atas nanti akan bertunas kembali.

  9. dewa
    18 Juli 2010 pukul 21:12

    MAU SHARING DAN BERBAGI PENGALAMAN KUNJUNGI FACEBOOK ===> PETANI ALBASIA(JENGJEN)
    KITA BERBAGI DAN BERDISKUSI BERSAMA. DITUNGGU !!!!!!

  10. dewa
    15 September 2010 pukul 19:08

    kalau sy dah tanam 2 tahun yang lalu, ga banyak sih percobaan di atas lahan 1 Ha, sekarang dalam masa menenti penjarangan di tahun ketiga. kalau penyakit benjolan di cabang atau pucuk pohon sih ga banyak karena selalu di periksa lantas diambil dan dibakar karena menurut sy dia tu menyebarnya lewat spora seperti jamur. oke bos….

  11. jajang hidayat
    10 Oktober 2010 pukul 21:50

    Pa saya sedang belajar menanam albasiah, tapi kena penyakit benjolan tolong pa solusi pengobatan nya yang jetu mematikan penyakitnya apa obatnya, saya hawatir enggak ada hasilnya

  12. 11 Oktober 2010 pukul 08:02

    saya udah nanam 1tahun ,awalnya bagus sekarang sebagian ada yang kena penyakit benjolan tolong Pemerintah yang terkait cariin solusinya bagaimana obat apa yang harus saya beli, Terima kasih

    • 7 April 2012 pukul 11:58

      jangan terlalu berharap pada pemerintah.. maklum pemerintah kita tidak berpihak pada orang orang kecil sperti petani… untuk ppl tingkat desa/kecamatan saja tidak ada yang mau turun tangan masalah hama penyakit ndak tahu dia bodoh atau malassss….

      lebih baik berdiskusi cari solusi dengan pakar akademisi di lab pertanian universitas…….

  13. Denla
    5 Februari 2011 pukul 11:23

    Denla baru2 mulai menanam pohon Alba,Jabon,Suren dan lain-lainya bersama orang Tua seorang petani mudah2 kepetik hasilnya udah menanam 1000 pohon,rencana mau menanam 3000 pohon mohon yang tau cara menanam yang lebih baik dan hasilnya juga akan lebih baik tolong hub.085220626799/02292419471

  14. laskyaldrien
    16 Mei 2011 pukul 16:55

    salam semuanya…saya dari awal sangat tertarik dengan bisnis tanaman jengjing dan kebetulan ortu punya lahan kosong yang coba akan saya manfaatkan…..saya minta tolong teman2 barangkali ada tips tata cara dari mulai penanaman, jenis bibit dan juga cara pemeliharaan yang baik….trims

  15. Tb D Rosidi
    10 November 2011 pukul 21:27

    sahabat semua diskusi tentang tanaman saya sering baca melalui dumay ini pada intinya tertarik sekali tentunya investasi aman dan yaman walaupun hasilnya baru bisa dinikmati minimal 4 tahun,dengan itu mohon informasinya sy punta tanah luasnya 6000m daerah bebukitan tertarik ingin menanam pohon jenjen yang ingin saya tanyakan ,1) berapa meter jarak antara satu sama yg lain,2) pupuk apa yang di pakai,3) bibit yg ideal berapa cm? terimakasih atas sumbang saranya,email orokbanten15@yahoo.com.
    fb dank_pos@yahoo.com. terimakasih sblmnya

  16. 22 Maret 2015 pukul 16:26

    Suhu dingin biasanya kurang cocok bagi tanaman sengon

  1. 3 November 2015 pukul 09:09
  2. 5 September 2016 pukul 16:47

Tinggalkan Balasan

