Beranda > info katresna72, Umum > PERMAINAN DAN LATIHAN DINAMIKA KELOMPOK (Proses Pengembangan Diri)

PERMAINAN DAN LATIHAN DINAMIKA KELOMPOK (Proses Pengembangan Diri)


ZZ118015
Seri-1
PERKENALAN

IZOERS NAMA SAYA, INI BALLPOINT

Tujuan
Menghapal nama masing-masing peserta
Peserta
Semua umur Maksimal 25 orang
Waktu
10 – 20 menit
Bahan
Ballpoint atau spidol berwarna yang menarik bagi peserta. Diusahakan balpoint atau spidol yang besar.
Petunjuk
Semua peserta duduk dalam bentuk lingkaran. Satu peserta memegang ballpoint dan memberikannya pada teman di sebelahnya sambil mengucapkan kalimat : “Nama saya Izoers. Ballpoint ini saya berikan kepada kamu!”. Peserta yang kedua menerima ballpoint itu, lalu berkata : “Ballpoint ini saya terima dari Izoers, Nama saya Pendyrana dan Ballpoint ini saya berikan kepadamu!” kepada teman di sebelahnya, lalu dilanjutkan ke teman di sebelah dan di sebelahnya lagi, dan seterusnya. Setiap peserta harus mengulang nama peserta yang sudah memegang ballpoint sebelumnya, misalnya : “ballpoint ini saya terima dari Pendyrana, dan Pendyrana menerimanya dari Izoers, Izoers menerimanya dari Dowo, Nama saya Lukman dan ballpoint ini saya berikan kepadamu!”. Kalau kelompok terdiri dari lebih dari 10 orang, sebaiknya permainan ini diulang lagi sampai setiap orang hapal nama semua teman dalam kelompok. Ada baiknya, kalau tempat-tempat duduk ditukar dulu sebelum permainan diulang.
Selamat Mencoba….semoga berhasil!!!
Sumber : Hieldegard.
BK023011

  1. ir Dewi Linggasari, MT
    19 Agustus 2010 pukul 08:40

    Dear penulis,
    saya telah membaca ttg game anda, bagus sekali.
    Saya ingin mengadakan permainan2 tsb untuk mengakrabkan rekan2 dikantor.
    Saya ingin bertanya apakah anda punya game yang lain, yang saya bisa tiru
    tks
    Dewi L

    • 20 Agustus 2010 pukul 01:32

      Dear Mbak Irene Dewi…kebetulan saya punya banyak permainan, coba tuliskan saja alamat mbak nanti saya copy dan dipaketkan ke alamat mbak…oke saya tunggu

      • Dea
        11 Juli 2012 pukul 19:20

        Boleh itu pak saya juga mau dikirimi gamenya………alamatnya deaningrum@gmail.com. Terima kasih sebelumnya

    • hajrah
      6 Mei 2011 pukul 12:40

      boleh ga pak sy ikutan, sepertinya bgaus2 dan ingin saya aplikasikan pada diklat2 yg dilaksanakan oleh kantor saya. kalau boleh ini alamat email saya ajra_03@yahoo.co.id.
      trims sebelumnya ya..

  2. dodi
    30 Agustus 2010 pukul 10:52

    dear kk penulis..
    game’y sprt’y seru.. ada game seru lain’y gx??
    saya mo mngadakan camp,, n butuh byk games seru bwt melatih mental n cara pikir.. kl bisa kirim ke email saya.. seti_adi_mail@yahoo.com
    thanx before..

  3. agus hadu
    4 September 2010 pukul 17:27

    saya tertarik dengan game2 seperti ini,,,bertujuan untuk pengembangan diri sekaligus kelompok,,,dimana dalam sebuah kelompok harus saling mengenal siapa dan dengan siapa mereka bekerja dalam satu tugas,,,,tolong kirimkan game2 yg lainnya ke email saya ya mba

  4. Ivon
    22 September 2010 pukul 11:58

    Halo….penulis yang baik….makasih ya gamenya, kebetulan saya diminta untuk menjadi instruktur pada salah satu kegiatan pelatihan di kantor saya dan materinya adalah Dinamika Kelompok, saya bisa dapat game lainnya dong….makasih sebelumnya!!!

  5. yon
    23 September 2010 pukul 09:52

    saya pendamping kaum muda, mungkin bisa saya dapatkan game-game lain untuk dinamika kelompok….tolong dikirimkan ke email saya: caelescht2be1@gmail.com…tks

  6. idris
    6 November 2010 pukul 17:37

    saya di Malaysia, guru Bimbingan dan kaunseling, berminat untuk berkongsi game seperti Latihan dalam kelompok, kalau ada game yang bagus-bagus mohon sampaikan dalam gmail saya.terima kasih.

  7. rio suareski
    16 Desember 2010 pukul 09:08

    dear penulis,

    apakah saya boleh meminta game dinamika kelompok yang lain mas, klo boleh kirimkan k email saya dunk mas, emailnya ryo.lionheart@gmail.com, terimakasih sebelumnya…

    regards

    rio

  8. nurul
    25 April 2011 pukul 12:15

    makasih info gamenya, mohon game pengembangan diri yang lain untuk anak2 binaan kami.

  9. esti
    30 April 2011 pukul 12:38

    halo penulis–saya sangat tertarik dengan tulisan anda dan kebetulan pekerjaan saya selalu berhubungan dengan komunitas dan kelompok petan. kadang-kadang saya kekurangan bahan untuk mencairkan suasana karena game yang saya bawakan hanya itu-itu saja. tolonglah penulis yang baik mempostkan kealamat saya berbagai game yang ada dipenulis–trims
    alamat saya: bestipjt@yaho.co.id

  10. sendy
    22 Mei 2011 pukul 13:28

    halo penulis ada permainan yang lain gak?

  11. abu rana
    10 Juli 2011 pukul 23:43

    wow keren, ada game yang lain ndak, bisa kirim ke email saya dong, aburana81@yahoo.co.id, trims.

  12. indah
    11 Juli 2011 pukul 13:25

    Halo mas, salam kenal, saya sengaja searching game dinamika kelompok untuk kegiatan orientasi kampus bagi taruna baru. Setiap kali orientasi, kami selalu bingung untuk merencanakan game apa yang akan di permainkan, termasuk games yg baru mas jelaskan, sudah sering kami laksanakan. Kebetulan saya masuk ke bagian tim dinamika kelompok, mohon di beri masukan untuk games – games yang lain. Terima kasih.

  13. alif
    19 Juli 2011 pukul 09:38

    Dear penulis,
    trima kasih atas gameny sngat membantu dalam mengembangkan jati diri siswa. Tolong kalo ada game yg lain di krimkan ke email sya alif_trtg@yahoo.com

  14. rico
    20 Agustus 2011 pukul 22:21

    Wow.. Mantabh kak idenya.. Ak minta tolong di share jg donk utk kumpulan games nya.. Kebetulan saya pegang kelompok sharing & butuh banyak masukan seperti ini. Alamat email saya: vallen_eleven@yahoo.com
    Terimakasih ya kak sebelumnya.

  15. herul
    13 September 2011 pukul 00:31

    assalamu alaikum…
    permainannya bagus … sangat mendidik … boleh gag saya juga ikut mencoba ide ka penulis… alamat e mail saya Blinkandairwaves@gmail.com .
    terima kasih sebelum nya ka’.

  16. fauzi
    17 September 2011 pukul 21:37

    alamat email saya vrow_zie@yahoo.com tolong di share juga kak saya berharap bisa berbagi dengan semua mahasiswa di kampus saya..

  17. octa
    10 Oktober 2011 pukul 21:09

    penulis
    saya ingin tanya apakah anda punya game yang lain…..kebetulan saya ingin menampilkan sebuah permainan untuk materi pengembangan diri dikelas…. dan tlong di share gamenya….terimakasih sebelumnya…..

    • 11 Oktober 2011 pukul 09:12

      Saya kebetulan punya banyak sekali permainan / game dinamika kelompok. Insya Alloh kapan-kapan saya share game yang lainnya, kebetulan sekarang saya banyak kerjaan jadi belum sempet nich…tunggu aja ya postingan saya berikutnya. Terima kasih sudah mampir di blog saya.

  18. 23 November 2011 pukul 21:21

    tolong dishare juga ke email saya : sufianta33@yahoo.com. Saya mengajar ekstrakurikuler dan perlu banyak games. trimakasih

  19. 13 Desember 2011 pukul 21:59

    games’y bnr2 bagus bisa minta games2nya yang lain mohon kirim ke email aku ya el_habib89@yahoo.co.id

  20. mutmainnah
    26 Januari 2012 pukul 11:15

    wah menarik nich permainanx…….sangat berguna buat sy yang pemula dlm mengajar.

  21. Firman iman
    14 Februari 2012 pukul 20:31

    Penulis yang senang berbagi ilmu, bolehkan saya diizinkan meminta file nya tentang game game yang lainnya, saya selaku guru menggunakannya agar suasana belajar menjadi menyenangkan. Email saya firman_iman15@yahoo.com

  22. restiyati
    15 April 2012 pukul 13:35

    Dear penulis
    Sy ingin sekali mendapatkan file games dinamika kelompok untuk sy praktekkan di sekolah. Bisa kirim ke email sy ya …. restiyati @ yahoo.com

  23. IZAL
    28 Juli 2012 pukul 06:29

    SAYA JUGA MABK, KIRIM YA, BEKAL NAGJAR PENGEMBANAG DIRI MBAK DI SEKOLAH ^^ KIRM\IM DISINI YA : IZALSABRIANTO@GMAIL.COM

  24. prasetyo
    29 Agustus 2012 pukul 17:42

    boleh juga jenis permainannya…bisa dikirim permainan yang lain ke tempatku ga? di prasetyo.husodo@yahoo.com

  25. heriyanto
    12 September 2012 pukul 08:25

    tlg file gamesnya, untuk dipraktekkan di sekolah. email saya heriyantosoppeng@yahoo.co.id thanks

  26. dewi
    28 September 2012 pukul 15:34

    Dear penulis
    Sy tertarik sekali dengan permainannya. kalau ada file games dinamika kelompok untuk sy praktekkan di sekolah. Bisa kirim ke email sy ya …. defitra2@gmail.com trims

  27. indra
    28 Januari 2013 pukul 22:21

    game anda bagus sekali,saya mau caba dngan org di kantor saya biar lebih akrab,ada game lain yg lebih menarik gak?

  28. 11 Februari 2013 pukul 21:33

    Dear Penulis
    saya ingin bertanya apakah anda memiliki games pengembangan diri yg sesuai dengan anak SMA????
    jika ada saya ingin meminta tolong untuk mengirimkanny k email saya Fika_137@yahoo.co.id karena games ini ingin saya taruh d dalam satuan layanan saya, untuk keperluan skripsi saya…
    maaf sbelumya klw saya merepotkan…. ^^V

  29. puji
    11 Mei 2013 pukul 06:18

    dear penulis saya juga ingin permainan tersebut ini ini alamat email saya ppuzy73@gmail.com terimakasih

  30. yuyut
    23 September 2013 pukul 13:31

    game nya seru kayaknya….boleh minta referensi game yang lain gak?
    alamat email saya tuyu.krisdi@gmail.com

  31. ahmad nasiq
    3 Desember 2013 pukul 12:49

    gamenya bagus…mohon infokan game yang lain ya ke email: nasiqahmad@yahoo.com…trims

  32. ade albab
    18 Desember 2013 pukul 16:22

    bolehkah saya minta game yang lainnya, game seru alhamdulillah ana pergunakan dalam pembelajaran dan sangat seru, boleh minta game yang lainnya?kl boleh di kirim ke email : dehaniif@hotmail.com

  33. Lee
    19 Desember 2013 pukul 08:23

    boleh juga ikutan bg2 ilmu permainan y ini email saya Leewank71@yahoo.com

  34. 21 Desember 2013 pukul 19:40

    Should i Acquire un compte facebook The facts fact is You will want to.

    That’s the kind of security that earns a tip of our hat. Choose only manuals which can be effective,
    legal and adequate.

  35. 21 Desember 2013 pukul 19:40

    There are many different reasons such as catching cheating partners, spying on work colleagues and getting personal accounts back.
    Then again, with time people recognized the futility of betting on arms they understood
    wouldn’t stand an opportunity to win as well as idea of packing the hand arrived into currently being.
    Well if you read the terms of service for the game you will see that some form of
    cheats are actually illegal and not acceptable according to the usage rules.

  36. 13 Januari 2014 pukul 05:55

    Very energetic article, I loved that bit. Will there be a part
    2?

  37. muhammad afrizal arif
    29 Januari 2014 pukul 15:21

    wahhh bagus nihhh.. boleh bagi game yg lainnya gak???
    afrizal_buroq02@yahoo.com

  1. No trackbacks yet.

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 75 pengikut lainnya.

